Sabtu, 10 Februari 2018

Dapur Hidup yang Menghidupkan



Dapur merupakan element penting pada rumah yang berfungsi sebagai tempat menyiapkan dan mengolah makanan bagi penghuninya. Dapur sendiri pada dasarnya memiliki beberapa macamnya, dan salah satunya adalah dapur hidup. Dapur hidup bukan tempat untuk memasak pada rumah, melainkan pemanfaatan lahan kosong di pekarangan agar bisa di tanami tanaman yang biasa digunakan untuk diolah sebagai makanan. Beberapa macam contoh dari dapur hidup adalah tanaman seperti cengkeh, kencur, laos, jahe, timun, cabe, seledri dan lain sebagainya.
Berdasarkan penjabaran diatas, muncullah sebuah pertanyaan. “apa yang bisa didapat dari dapur hidup tersebut bagi penghuninya? Berikut adalah beberapa penjabaran mengenai manfaat dari dapur hidup di sebuah rumah.

Menyehatkan ekonomi keluarga
Membeli walaupun 1 perak tetap dimasukkan kedalam kategori pengeluaran. Walaupun nilainya kecil, namun jika dikalkulasikan dengan durasi yang lama, maka akan menghasilkan nominal yang lumayan. Bayangkan saja, harga cabai misalnya per gramnya adalah Rp. 1.000,-. Tentunya nilai tersebut tergolong sangat murah, namun apabila dikaliakan dengan konsumsi cabe perkeluarga sebesar 10 gram perharinya, maka sebuah keluarga tersebut harus mengelurakan nominal sebesar Rp.10.000,-. Jika dikaliakan selama sebulan, maka keluarga tersebut harus menyediakan nominal rupiah sebesar Rp. 300.000,- dan wow, itu jumlah yang lumayan besar lho hanya untuk sebuah cabe yang notabeni berfungsi sebagai teman pelengkap makan. Itu hanya dilihat dari sudut cabe, belum termasuk dengan jenis dapur hidup yang lain.

Menyalurkan hobi
Hobi merupakan suatu kegiatan melakukan aktifitas yang disukai dan menyenangkan pula bagi pelakunya, dan diakhiri dengan keluarnya hormon bahagia yang ada diotak karena pelaku sudah melakukan sesuatu yang memuaskan kehendaknya. Bagi yang memiliki hobi bercocok tanam, maka dapur hidup adalah salah satu alternative bagi penyuka tanam menanam. Selain tidak memerlukan lahan berhektar-hektar, perawatan dapur hidup pun tergolong mudah. Khasiatnya pun bisa membuat penanamnya menjadi rileks karena hobi tersalur serta warna hijau dari dapur hidup yang memang bisa membuat bad mood menjadi good mood.

Pipa rejeki terbaru
Dibalik tujuan dari pengadaan dapur hidup ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menyehatkan keokonomian sebuah keluarga. Mulai dari berhemat dengan mengadakan dapur hidup disuatu rumah, sampai dengan membuka keran rejeki baru dari yang namanya dapur hidup. Bagaimana caranya dapur hidup bisa membuka keran rejeki baru bagi sebuah keluarga? Caranya simple. Cukup dengan terus menerus konsisten menjaga dapur hidup agar tumbuh subur. Semudah itukah? Jawabannya iya. Mengingat segala sesuatu yang bersumber dengan alam ini bersifat tidak tentu, maka akan ada kalanya dimana suatu jenis tanaman akan langka dan orang akan berbondong-bondong mencari. Tidak menutup kemungkinan, disaat orang lain sedang kesusahan mencari cabe misalnya, maka anda yang sudah konsisten menjaga dapur hidup pun akan mendapatkan berkah dari kelangkaan tersebut.

Mempercantik tampilan rumah dan dapur
Dapur hidup yang ada di sebuah keluarga akan memperindah tampilan rumah dengan sendirinya. Hampir semua yang tergolong di dalam dapur hidup akan menghasilkan warna hijau dari dedaunannya. Warna hijau secara psikologis akan mendatangkan rasa relax dan nyaman bagi penikmatnya. Rumah dengan dapur hidup yang ada didalamnya akan membuat tampilan hunian menjadi lebih terasa asri jika dibandingkan dengan rumah tanpa ada tumbuhan sama sekali.

Menjadi sumber inspirasi sekitar
Banyak orang disekitar kita yang memiliki ide briliant, namun hanya sedikit yang berani merealisasikan. Kebanyakan dari mereka takut akan kegagalan. Jadilah sumber inspirasi baik bagi sekitar dengan memberi contoh yang baik, seperti menyediakan dapur hidup dirumah anda sendri.
Demikianlah beberapa manfaat dari membuat dapur hidup di sebuah rumah. Manfaatnya jika direalisasikan tidak hanya bisa dinikmati keluarga sendiri, melainkan dinikmati orang banyak. Jadilah manusia terbaik, yakni manusia yang berguna bagi sekitarnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label