Jumat, 12 Januari 2018

Laptop vs PC


Laptop atau pc sudah bukan hal yang baru lagi bagi manusia. Banyak pekerjaan dan kegiatan yang bisa diselesaikan dengan kehadiran laptop atau pc. Laptop jika dilihat dari segi mobilitas, memang dia akan sangat jauh meninggalnya pc, namun berbicara mengenai kualitas, pc yang memiliki harga yang setara dengan laptop akan jauh meninggalkan kualitas dari laptop itu sendiri. Sekarang muncul lah pertanyaan. Harus pilih yang manakah diantara kedua benda tersebut? Berikut adalah beberapa saran bagi kalian yang sedang dilemma dalam memilihnya.

Perhatikan kebutuhan kalian
Membeli sebuah barang tentunya harus dibarengi dengan tujuan yang jelas. Sama halnya dengan memilih PC atau laptop. Jika kalian adalah seorang yang bergerak dibidang kreatif, seperti permusikan, pembuatan video atau yang sejenisnya, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan PC. PC menghadirkan kualitas yang bisa memenuhi kebutuhan computer dengan spesifikasi yang tinggi. Sebaliknya,  jika kalian berkutat dengan dunia perkantoran, tentunya laptop sangat dianjurkan. Laptop sendiri bisa menghadirkan kemobilitasan tinggi yang tentunya cocok dengan orang yang berkutat dengan dunia perkantoran.

Pilih yang sesuai budget
Konsep dari laptop adalah menghadirkan kemobilitasan tinggi bagi penggunanya, dan harganya sendiri bisa dikatakan sedikit agak lebih mahal dibandingkan kompetitornya. PC sendiri bisa menghadirkan performa yang prima dengan budget yang masih diajak kompromi. 

Kelebihan laptop
  • Laptop memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga dapan dengan mudah dibawa kemana saja
  • Laptop sangat mudah digunakan, bahkan di tempat yang tidak menghadirkan akses listrik sekalipun
  • Laptop lebih efisien dalam penggunaan daya. Sekali charger sampai full, laptop bisa dipakai 4-8 jam

Kekurangan laptop
  • Keyboard laptop terkesan diminimalis sehingga beberapa fiturnya tidak selengkap apa yang ada di pc
  • Komponen laptop yang susah untuk diupgrade membuatnya terlihat kaku jika dibandingkan dengan kompetitornya
  • Dan terakhir, laptop yang memiliki spesifikasi setara dengan pc akan memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kompetitornya tersebut.

Kelebihan PC
  • Harga minim bisa dipakai untuk mendapatkan PC dengan spesifikasi bagus dan bisa menghadirkan performa lebih jika dibandingkan dengan laptop
  • PC lebih mudah untuk di upgrade, komponen-komponenya lebih mudah untuk dilepas dan dipasang sendiri, tentunya hal tersebut sangat jauh berbeda dengan kompetitornya

Kekurangan PC
  • PC tentunya tidak bisa menghadirkan mobilitas setinggi laptop. Pc pun harus terhubung dengan listrik langsung
  • PC kurang praktis. Pc memiliki monitor tersendiri, mouse, keyboard dan pc itu sendiri yng harus dihubungkan manual, tentunya berbanding terbalik dengan laptop yang semuanya sudah terpaket menjadi 1
  • Dan terakhir, PC tergolong boros dalam penggunaan listrik

Nah sudah tahu kan perbandingannya secara garis besar? Bijak lah dalam memilih. Kedepankan fungsi bukan nafsu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sedang dilema dalam memilihnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label