Kamis, 25 Januari 2018

Apakah Rumput Musuh Atau Sahabat Bagi Petani?


Rumput, bagi umumnya orang atau petani adalah hama dan pengganggu yang selalu tumbuh dan tumbuh lagi meskipun sudah di potong dan dibersikan berkali-kali. Bagi petani yang cerdas, tentunya cara untuk mengatasi masalah rumput ini adalah dengan memotongnya sampai keakarnya tanpa kenal ampun. Namun berbeda dengat petani yang bijak. Petani bijak biasanya akan senang ketika melihat rumput liar tumbuh dilahan yang sedang di garabnya. Lalu muncul pertanyaan, mengapa petani bijak akan senang ketika mengetahui ada rumput yang tumbuh di lahannya? Bukankah rumput merupakan musuh besar yang bisa mengganggu tumbuhnya tanaman yang sedang digarab? Dibawah adalah beberapa alasan mengapa rumput itu baik bagi tanaman.

Mencegah terjadinya erosi
Salah satu fungsi dari tanaman adalah untuk menjaga tanah dari yang namanya erosi. Karena rumput tergolong kedalam golongan tanaman, maka rumput pun berfungsi untuk menjaga tanah dari erosi. Kondisi cuaca setiap harinya tidak bisa diprediksi. Terkadang hujan datang menggenangi tanah, terkadang pula banjir datang melanda. Jika tanah yang tekena banjir tidak ditumbuhi rumput sebelumnya, maka lapisan tanah akan terkikis tipis terbawa banjir dan hujan.

Indikator pupuk
Rumput merupakan indikator, apakah pupuk yang petani berikan ke tanaman takarannya sudah pas atau berlebihan. Jika rumput menguning atau mati, maka dapat disimpulkan bahwa pupuk yang diberikan tersebut takarannya tidak pas. Jika rumput mati, otomatis tanaman yang ditanam pun akan mati. Karena daya juang rumput untuk hidup itu lebih besar dibandingkan tanaman yang alainnya.

Mengurai pupuk
Pupuk merupakan bahan pendukung agar tumbuhan menjadi subur, namun dibalik itu semua, ternyata apabila pupuk itu langsung bersentuhan dengan akar utama dari tumbuhan yang sedang ditanamkan, tanpa ada penyaringan terlebih dahulu dari rumput, belum tentu nilai Phnya akan sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut.

Menghambat tanaman lainnya tumbuh
Rumput bisa membatasi tumbuhan mana yang diinginkan dan mana yang tidak. Terkadang, ketika benih biji-bijian telah disebar sesuai pada tempatnya, maka tidak jarang biji-bijian tersebut berubah posisi karena terbawa angin, aliran hujan, dan juga para serangga. 

Menjegah dehidrasi tanah
Yang bisa dehidrasi bukan hanya manusia atau hewan, tanah pun juga bisa merasakannya. Sinar matahari yang menyengat akan membuat kandungan air didalam tanah menjadi menguap. Hal ini bisa diatasi dengan membiarkan rumput tumbuh pada tanah. Dalam hal ini, rumput berfungsi sebagai penghalang sinar matahari berhadapan langsung dengan tanah.

Sebagai kompetitor yang baik bagi tanaman utama
Rumput yang hidup disekeliling tanaman utama sudah selayaknya kompetitor agar lebih gigih dalam mencari unsur hara dalam tanah. Perkembangan akar utama akan lebih dalam dan menyebar kesamping untuk bersaing mencari unsur hara bersama akar rerumputan.

Membuat pupuk alami
Rumput yang hidup diatas tanah berlapis biasanya lama kelamaan bagian bawah dari rumput tersebut akan membusuk dan menjadi pupuk alami. Bagian yang busuk dari rumput inilah yang nantinya akan membuat tanah menjadi subur.

Demikianlah berbagai macam manfaat dari rumput. Sekarang, setelah mengetahui bahwa ternyata rumput berguna bagi kehidupan asalakan dikontrol laju pertumbuhannya, masihkah rumput dianggap musuh bagi manusia?
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label