Minggu, 05 November 2017

Kucing Mandi? Perlu Kah?


Kucing merupakan binatang peliharaan yang menggemaskan dan sangat sering berinteraksi dengan manusia. Tidak layaknya manusia yang mandi hampir 3x dalam sehari, seekor kucing sangat jarang mandi. Jangankan mandi, didekatkan dengan air saja kucing suka berontak teriak-teriak minta dijauhkan, karena normalnya kucing adalah takut air. Kucing jika dipaksakan mandi maka peluang untuk terkena stress akan meningkat pesat. Jika kucing kena stress, maka si kucing akan susah makan yang bisa berlanjut dari terkenanya penyakit bagi si kucing. Tentunya tidak mau kan jika si kucing kesayangan kenapa-kenapa? Namun bagaimana kalau kucing peliharaan kotor dan butuh dimandikan? Berikut adalah penjelasan mengenai sanitari si kucing.

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang cinta akan kebersihan. Beberapa kali dalam sehari kucing menjilati tubuhnya sendiri dari kotoran yang menempel di tubuhnya. Peristiwa menjilatinya kucing akan tubuhnya sendiri disebut self grooming. Self grooming kucing sendiri didukung oleh bentuk lidahnya yang berduri. Bentuk lidah seperti ini dapat membuat kotoran terangkat dan bulu menjadi rontok.

Kucing bisa membersihakn dirinya sendiri dengan kegiatan self grooming, namun tidak ada salahnya jika kucing dimandikan 1 atau 2x dalam 2 bulan. Karena ada beberapa factor yang membuat kucing menjadi perlu dimandikan, seperti kucing yang bulunya panjang bisa terkena kutu, kucing yang terkena bahan beracun atau bahan berbahaya dibulunya, atau karena bulunya si kucing kotor.

Lalu bagaimana jika kucing kesayangan kotor dan perlu dimandikan sesegera mungkin? Maka cara mendadikannya adalah potong dahulu kuku si kucing agar tidak membahayakan bagi yang memandikannya. Dilanjutkan dengan sikat bulu si kucing untuk membantu mengurai gimbalan atau bulu yang mengumpul pada saat basah. Gunakan shampo atau sabun khusus bagi kucing, memandikan dengan sabun manusia dapat mengakibatkan iritasi bagi si kucing. Mandikan kucing dengan air hangat dan pelan-pelan, serta selalu ajak bicara si kucing untuk mengurangi stessnya. Mulailah memandikan searah tumbuhnya bulu kucing (dari leher ke ekor). Jangan siram muka sikucing karena akan menambah stress si kucing. Selanjutnya adalah keringkan kucing menggunakan anduk khusus kucing atau hairdryer. Terakhir adalah berikan hadiah berupa makanan atau biscuit bagi si kucing agar dia menjadi tenang.


Demikianlah sedikit informasi dari sanitari si kucing, semoga nantinya jika si kucing dimandikan dia tidak rewel karena sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label