Kamis, 02 November 2017

Fungsi Udel Yang Jarang Diketahui


Udel atau pun pusar merupakan bagian yang secara umum diketahui berfungsi sebagai jalur nutrisi antara ibu dan bayi yang dikandungnya. Hanya itu kah fungsi udel atau pusar bagi tubuh? Lalu apa fungsi lain dari udel atau pusar bagi manusia yang sudah dewasa? Berikut adalah beberapa fungsi dari pusar atau udel yang jarang diketahui orang banyak.

1. Sebagai titik penanda dalam proses operasi atau bedah

Biasanya dalam operasi atau bedah baik itu operasi caesar ataupun operasi yang lainnya pusar dijadikan titik penanda atau patokan dalam menentukan bagian tubuh yang akan hendak dilakukan proses operasi atau bedah, karena posisi pusar yang ada bagian tengah tubuh untuk dapat dijadikan patokan dalam mengetahui posisi serat otot yang ada dalam tubuh manusia ketika akan dilakukan proses pembedahan. Proses pembedahan tersebut bisa berupa untuk proses kelahiran dan juga yang lainnya, yang dimana proses kelahiran memiliki berbagai cara dalam proses kelahirannya.

2. Sebagai pengatur energi panas dan dingin manusia

Pusar sendiri memiliki manfaat yang dimana manfaatnya sendiri berfungsi sebagai pengatur energi panas dan dingin tubuh manusia. Dimana pusar sendiri terdapat unsur elemen api sehingga itulah yang menjadi penyebab pusar perlu dilindungi agar tubuh tidak mudah untuk masuk angin mudah lelah dan kembung. Karena pusar ini yang mengalami energi panasnya menjadi dingin. untuk mengatasi kembung perut karena masuk angin dapat diatasi dengan minyak kayu putih.

3. Membantu dalam mengatur pergerakan hormon

Ternyata pusar sendiri memiliki fungsi dalam mengatur pergerakan hormon manusia, yang dimana hormon sendiri berfungsi dalam kesehatan tubuh yang biasanya hormon sendiri memiliki fungsi yang lain seperti kita dalam kondisi haid biasanya hormon dalam tubuh menjadi meningkat misalnya jerawat menjadi lebih banyak atau minyak pada wajah menjadi lebih banyak sehingga wajah menjadi lebih berminyak.

4. Membantu dalam mengatur kelenjar pankreas

Kelenjar pankreas merupakan salah satu kelenjar yang ada dalam tubuh manusia, dimana kelenjar pankreas sendiri merupakan kelenjar ludah perut yang dimana kelenjar tersebut terdapat pada perut manusia yang lebih tepatnya berada dibelakang lambung manusia dengan adanya kelenjar pada tubuh manusia mampu membantu dalam sistem kerja organ yang ada dalam tubuh manusia.

5. Mampu membantu dalam mengatur kelenjar adrenal

Kelenjar adrenalin pun termasuk kedalam salah satu kelenjar yang memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh manusia, karena dimana fungsi kelenjar adrenalin yaitu menghasilkan hormon adrenalin yang dimana hormon adrenalin berfungsi dalam menghasilkan energi manusia yang berfungsi dalam kegiatan sehari- hari manusia. Hormon adrenalin bekerja pada saat tubuh tidak ada lagi energi yang dapat digunakan dalam kegiatan atau aktivtas sehari- hari hormon adrenalin bekerja pada otot manusia menjadi peluruh dalam otot manusia yang nantinya diolah menjadi energi yang digunakan untuk kegiatan atau aktivitas manusia. Biasanya adrenalin bekerja ketika tidak ada lagi lemak yang dapat dijadikan untuk menjadi energi. agar membentu otot perlu dilakukan latihan seperti push up, agar nantinya ketika lemak habis bisa menggunakan otot sebagai gantinya.

6. Mampu membantu dalam mengatur organ hati

Organ hati sendiri memiliki fungsi menjadi alat dalam ekskresi yang dimana hal ini dikarenakan organ hati mampu membantu dalam fungsi ginjal dalam pemecahan beberapa senyawa yang bersifat racun dengan proses tersebut di dalam hati disebut sebagai detoksifikasi. Sehingga perlu sekali dalam pengaturan organ hati agar tubuh manusia tidak mengalami keracunan, walaupun adanya racun yang masuk kedalam tubuh manusia akan dipecah oleh oleh ginjal dengan bantuan hati. Pusar itu lah yang berfungsi dalam mengatur organ hati agar tidak adanya gangguan yang terjadi dalam organ hati.

7. Mampu membantu dalam mengatur lambung

Lambung sendiri memiliki fungsi dalam proses pencernaan yang dimana makanan yang masuk kedalam tubuh manusia yang melewati mulut lalu sampai ke lambung itu dicerna didalam lambung, serta di lambung pula sari-sari makanan diserap untuk diolah menjadi energi dengan bantuan hormon yang lainnya. Dilambung sendiri terdapat empat lapisan yang memiliki fungsinya masing- masing, seperti mucosa yang merupakan lapisan dengan fungsinya mengeluarkan berbagai jenis cairan, lalu ada submucosa yang dimana ditemukannya pembuluh darah arteri dan vena yang menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh perut, lalu ada muscularis dan juga ada gerak peristaltik. Pusar sendiri memiliki fungsi dalam mengatur lambung agar lambung tetap bekerja sesuai dengan fungsi nya agar pencernaan lebih baik.

8. Mampu membantu dalam mengatur kantung empedu

Kantung empedu atau disebut juga dengan kandung empedu ini merupakan organ tubuh dalam manusia yang berbentuk seperti buah pir, kantung empedu ini berisi cairan yang dimana empedu ini berperan dalam pencernaan lemak yang ada dalam tubuh manusia. Banyak orang yang mengidap gangguan batu empedu dalam tubuhnya, hal ini dikarena cairan ini mengalami pengerasan yang diakibatkan oleh beberapa faktor sehingga cairan yang mengeras itu menjadi batu empedu.
Faktor yang disebabkan seperti adanya pengerasan kolesterol yang tertimbun didalam cairan empedu tersebut karena adanya ketidakseimbangan antara senyawa kimia yang ada dalam cairan tersebut dengan kolesterol. Pusar disini memiliki fungsi dalam mengatur kantung empedu tersebut agar tidak adanya gangguan yang terjadi dalam kantung empedu.

wow, ternyata udel ataupun pusar banyak manfaatnya bagi tubuh lho. Jaga dan sayangilah udel atau pusar anda sebaik-baiknya, karena manusia memiliki hanya satu tidak dua.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label