Kamis, 02 November 2017

Cara Mudah Merawat Tumbuhan Baru


Jika Anda adalah seorang pemula dalam tanam menanam pohon, saya rasa aman untuk berasumsi bahwa Anda belum menjadi ahli dalam masalah ini. Lebih banyak pohon mati di tahun-tahun awal mereka karena kebiasaan perawatan yang buruk daripada penyakit atau wabah penyakit yang menyerang tanaman baru. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami bagaimana merawat pohon baru dengan cara aman, mudah serta membuahkan hasil dikemudian hari.

Kenali dahulu jenis tanaman yang akan anda tanam. Mengenali kebutuhan tanaman sebelum menanamnya akan memudahkan dalam merawatnya dikemudian hari. Selain untuk memudahkan dalam merawanya kelak, mengetahui kebutuhan tanaman juga berfungsi untuk menghindari kesalahan perawatan yang bisa berakibat kematian pada pohon baru.

Selama tahap awal perkembangan pohon ini, apabila terdapat buah atau ketidak setaraan ukuran antara satu bagian pohon dengan bagian lainnya, yang mengakibatkan pohon tumbuh melengkung, maka bantulah tumbuhnya dengan memberikan topangan. Topangan bisa berupa kayu untuk menjaga tumbuhnya pohon tersebut tetap tegak.

Bagian lain yang diperlukan ketika merawat sebuah tanaman baru adalah nutrisi. Nutrisi yang tepat tidak hanya diperlukan untuk produksi buah yang sehat, namun juga diperlukan agar pohon bisa bertahan lebih lama dari satu musim. Pemberian nutrisi pada tanaman baru tidaklah sama, jumlah nutrisi yang diperlukan biasanya akan menyesuaikan dengan bagaimana iklim, dan tempat dimana tumbuhan itu tumbuh. Mintalah saran kepada orang yang ahli dibidangnya karena meraka biasanya tahu berapa takaran nutrisi yang diperlukan untuk sebuah tanaman baru.

Banyak orang berfikir bahwa tanaman itu akan mudah hidup jika diberikan intensitas air yang tinggi. Padahal itu adalah kesalahan besar yang bisa mendatangkan dampak fatal. Dampat yang paling parah timbul ketika intensitas air terlalu banyak adalah pohon baru tadi akan mati. Lebih baik tanaman kekurangan air daripada kelebihan air. Selain mengakibatkan kematian, kelebihan air juga akan mempengaruhi rasa buah, tingakat kesuburan dan gangguan lainnya.

Perhatiankan cabang pohon adalah langkah selanjutnya dalam menjaga pohon agar bisa hidup sehat. Cabang yang kurang sehat ditandai dengan tidak ada daun yang bisa hidup disana. Potonglah cabang tersebut untuk menjaga nutrisi di pohon tidak disia-siakan karena dikirim ke bagian yang sudah tidak produktif lagi.

Ketika musim berbuah sudah sampai, ceklah disekeliling pohon tersebut. Jangan biarkan buah jatuh berada di dekat pohon yang sedang berbuah tersebut. Karena buah yang tertinggal di sekitar pohon akan berubah menjadi sarang serangga dan penyakit yang akan membahayakan tanaman yang sedang berbuah tadi. Jadi cek dan cek ulang kembali apakah ada buah yang jatuh disekitar pohon atau tidak.


Merawat pohon yang ditanam terkadang terasa berat. Banyak orang yang hanya memberi air saja tanpa nutrisi. Banyak juga yang memberikan air tanpa tahu berapa intensitas yang pas pada tanaman yang anda tanam. Tanaman satu dengan yang lainnya akan memerlukan jumlah air dan nutrisi yang berbeda. Bahkan tanaman sejenis pun akan memerlukan ukuran air dan nutrisi yang berbeda jika ditanam ditempat yang berbeda pula. Kenalilah jenis tanaman anda. Berikan asupan sesuai kebutuhannya, maka tumbuhan yang anda tersebut akan tumbuh subur serta memberikan buah sebagai imbalannya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label