Selasa, 03 Oktober 2017

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris


Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang artinya dipakai hampir diseluruh belahan dunia sebagai alat komunikasi. Bahasa inggris juga dipakai sebagai bahan instruksi secara global. Kemampuan berbahasa inggris dijaman sekarang bukanlan istimewa lagi melainkan sebuah keharusan. Ketika melihat kembali ke tempat asal kita dimana bahasa inggris ditempatkan sebagai bahasa asing, maka tak heran banyak dari saudara setanah air kita yang masih kesulitan dalam mempelajarinya.

Berikut adalah sedikit tips mudah dalam mempelajari bahasa inggris.
Pertama dan yang paling utama adalah niat dahulu yang harus dilluruskan. Karena ketika kita sudah membulatkan tekat dalam mempelajari sesuatu, terlebih bahasa inggris, maka secara alamiah otak kita akan memerintah kan seluruh anggota badan kita agar siap menerima materi bahasa inggris. Sebaliknya, jika belajar diawali dari hal yang negatife, dalam artian pesimis, maka akan sangat sulit memasukkan materi ke otak, secara otomatis pula, tubuh kita akan menolak segala materi yang diajarkan.

Kedua, pahami konsep dari bahasa itu sendiri, terkhusus bahasa Inggris. Bahasa inggris memiliki tata bahasa yang berbeda dari bahasa Indonesia. Bahasa inggris memiliki tingkat kerumitan yang lebih dibandingkan bahasa Indonesia. Simple present tense, past tense, future tense, dan perfect tense. Keempat tensis itulah yang menjadi dasar dalam belajar bahasa inggris. Kuasai konsepnya, maka ketika menjalani menemukan sesuatu yang berbeda, maka hal tersebut akan bisa terkuasai.

Ketiga, lakukan latihan sehari minimal 2 jam. 2 jam akan sangat cukup untuk mempelajarinya, asalkan konsisten. Rinciannya adalah sebagai berikut: 30 menit membaca apapun yang menggunakan bahasa inggris. 30 menit mendengarkan audio bahasa inggris, baik itu lagu, video, atau media lainnya yang berhubungan pendengaran. Lebih lanjut lagi, 30 menit latihan menulis, tulislah apapun yang mau ditulis dengan menggunakan bahasa inggris, bisa itu cerpen, komik, berita, atau yang lainnya. Terakhir, berbicara lah 30 menit menggunakan bahasa inggris. Jika tidak menemukan partner dalam berbicara, gunkanlah cermin. Biarkan diri berbicara sendiri dengan bayangan yang ada di cermin.

Selanjutnya adalah, jangan pernah takut salah. Salah adalah proses yang harus dilalui oleh pelajar ketika mempelajari sesuatu, bukan dihindari. Dari salah dan koreksi inilah kita akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam belajar.

Terakhir, konsisten dalam mempelajari bahasa inggris. Ulangi terus dan terus menerus. Lancar kaji karena diulang. Jangan pernah bosan. Ulangilah meski kita tidak menikmatinya. Konsisten adalah salah satu syarat untuk berhasil.


Demikian lah sedikit tips dalam belajar bahasa inggris, semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label