Kamis, 12 Oktober 2017

Setan Malaikat Indonesia Jaman Millennia



Perjuangan dan kisah para bangsa zaman dahulu dalam bertahan hidup dan memperjuangkan kemerdekaanya mungkin tidak akan pernah terdengar pada jaman sekarang, jika para penulis tidak pernah ada. Karena jasa para penulislah, sampai sekarang manusia bisa mengetahui pembelajaran dimasa lalu yang sangat berguna pula untuk perkembangan dimasa depan.

Menulis merupakan sebuah kegiatan menuangkan ide di atas benda datar yang bisa dibaca namun memiliki kekuatan dahsyat didalamnya. Berdasarkan data yang diambil dari seminar flash blogging Banjarmasin yang diadakan 13 oktober 2017, disana dicantumkan bahwa lebih dari 60% dari hasil tulisan akan mempengaruhi pembacanya. Jika melihat dijaman sekarang, untuk menggerakkan suatu kelompok atau bahkan bangsa, tidak diperlukan hal seperti AK-47, ancaman nuklir, atau hal lain sebagainya. Tulisan yang bisa mempengaruhi emosi pembacanya baik kearah benar maupun kearah negatife akan sangat cepat menggerakkan hati pembacanya yang berjung pada sebuah aksi.

Tulisan yang buruk dari penulis akan sangat mudah menjadi viral, namun bisa amat membahayakan. Tulisan yang menjelekkan suatu kaum biasanya sangat mudah menarik perhatian khalayak ramai, bayangkan jika tulisan buruk yang berisi kejelekan suatu kaum akan memancing amarah dari suatu kelompok, perang saudara tidak menutup kemungkinan terjadi dan berujung pada sebuah perpecahan. apalah artinya sebuah bangsa hancur karena uajran kebencian yang berbentuk tulisan? Bijak lah dalam menulis. mengapa harus buruk jika bisa menjadi baik.

Lebih fokus membahas tulisan yang bisa menghasilkan dampak baik, maka ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Pertama adalah gunakan ide sendiri. Simpelnya, dalam menulis imitasi itu dibolehkan, namun duplikasi dilarang. Lakukan riset dahulu dalam menulis, bandingkan satu sama lain tulisannya, lalu buatlah nilai plus agar berbeda dan berguna bagi pembacanya. Kedua adalah gunakan data-data yang valid. Jangan terpancing dengan asumsi, karena asumsi akan terkalahkan dengan kehadiran fakta. Ketiga, jangan membahas hal sensitif di internet. Begitu banyak pengguna internet dijaman sekarang, dan begitu banyak cara orang mengartikan dan menanggappi suatu isu. Hendaknya bijkalah dalam memilih topik  Dan terakhir adalah, kuatkan mental. Jangan pernah mudah untuk kecewa. luruskan niat, bahwa niat menulis adalah untuk memberikan informasi positif, meskipun responnya kadang negatif, jangan pernah menyerah. tetap salurkan kebaikan tanpa pernah lelah.

Seorang penulis pada jaman sekarang bisa menjadi malaikat karena kebaikan yang dia bagikan dengan tulisannya, dan bisa juga menjadi setan yang memecah belah manusia dengan tulisannya pula.

So, what is your role as a writer to this Indonesia?

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IBX5A51B5ECCBEDD

Label